Workshop My Lifebook

“Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan. Dan segala yang kecil maupun yang besar tertulis.” (QS. Al-Qamar [54]:52-53)

mylifebook1.png

Personal Life :

Fisik Yang Sehat Bugar ! Intelektual Yang Tinggi

Emosional Yang Matang ! Spiritual Yang Mendalam

Family Life : 

Keluarga Yang Sehat Sejahtera ! Keluarga Yang Cerdas

Keluarga Yang Harmonis ! Keluarga Yang Bertakwa

Social Life : 

Pergaulan Yang Sehat ! Karir Yang Cemerlang 

Karya Yang Bermanfaat ! Hidup Yang Berbagi 

1.

Di alam akhirat sana setiap manusia akan menerima sebuah buku catatan tentang segala apa yang telah ia kerjakan. Karenanya rancanglah sebuah buku tentang segala hal yang baik yang akan kita kerjakan di alam dunia ini agar di alam sana kita dapat yakin akan menerima buku catatan amal yang terisi penuh dengan kebaikan yang telah kita lakukan. Itulah hakekat dari My Lifebook itu.

Inti dari menyusun My Lifebook ini adalah menetapkan visi hidup kita secara jelas dan memastikan waktu yang kita punya benar-benar terpakai secara optimal untuk hal-hal yang bermanfaat. Yang membawa kebaikan buat diri kita, keluarga dan masyarakat.

2.

Menyusun dan memiliki My Lifebook ini adalah implementasi dari menetapkan self concept kita untuk 12 katagori (kodrat) di atas. Hal ini kita awali dengan merekonstruksi self ideal kita saat ini, memeriksa keadaan dari 12 katagori tersebut dan kemudian menetapkan kondisi ideal yang hendak kita capai.

3.

4.

Self ideal yang kita tetapkan pada 12 katagori tersebut harus diikuti pula dengan strategi kita untuk mewujudkannya. Nah pada bagian inilah secara otomatis kita akan mengembangkan habits kita. Menetapkan kebiasaan-kebiasaan baru efektif yang menjadi jalan pembangunan karakter kita

DSCF3517.JPG
Marble Surface

My Lifebook (Contoh)

PERSONAL LIFE

Fisik Yang Sehat Bugar

Demi waktu. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al Asr [103]:1-3)

Menjadi orang yang sehat dan bugar dengan berat tubuh ideal 70 kg

Menjadi orang yang rutin  berolah raga

 

Menjadi orang yang terbiasa minum air putih 2 liter perhari

 

Menjadi orang yang berpola makan sehat dan membuang pola makan saya yang keliru

Menjadi orang dengan pola tidur yang ideal dan terbiasa bangun pagi hari

1.

2.

3.

4.

Saya melakukan olah raga 6 kali dalam seminggu setiap jam 6:00 di areal taman dekat rumah

Saya minum 2 gelas selepas bangun tidur, 1 gelas sebelum tidur, dan saya akan selalau membawa botol minum ke tempat kerja untuk menunjang kebiasaan ini

Saya hanya akan minum kopi maksimal hanya satu gelas perhari – pagi hari di tempat kerja. Saya hanya akan membolehkan diri saya makan makan yang berlemak dan gorengan 1 kali perminggu

Saya tidur jam 22:30 dan menghentikan kegiatan apa pun kecuali benar-benar urgent. Dan saya akan bangun jam 04:30

Intelektual Yang Tinggi

Menjadi ahli di bidang marketing

Menjadi orang yang rajin mengikuti pelatihan untuk mengasah kemampuan saya.

 

Menjadi orang yang terkoneksi dengan komunitas marketing

 

Menjadi orang yang selalu senang berbagi ilmu di setiap kesempatan

1.

2.

3.

Saya mengikuti kursus seminar baik online maupun offline, rajin menonton video-video marketing di youtube. Saya rutin membaca buku marketing 30 menit setiap harinya sebelum berangkat kerja

Saya bergabung dengan komunitas marketing agar punya teman untuk berdiskusi dan mempelajari trik-trik baru di dunia marketing.

Saya selalu senang untuk berbagi ilmu dan pengalaman saya kepada orang lain yang tepat di setiap kesempatan

---------- dan seterusnya dan seterusnya  ----------

Melaksanakan apa-apa yang telah kita program di dalam My Lifebook inilah yang kita sebut sebagai proses character building itu. Yang kunci keberhasilannya adalah terletak pada komitmen dan konsistensi kita.

1.

Berfokuslah kepada proses dan jangan berfokus kepada hasil. Jangan mengharapkan perubahan yang instan serta nikmati saja setiap proses yang ada. Sebab tidak ada biji yang seketika menjadi sebuah pohon besar. Biarkan saja segala sesuatunya berjalan natural dimana sedikit demi sedikit kebiasaan-kebiasaan baru yang efektif tumbuh membentuk karakter kita yang lebih baik.

2.

Kita harus terus melakukan evalusi tentang perkembangan pelaksanaan dari My Lifebook yang sudah kita buat. Memeriksa apa-apa yang sudah berjalan pada track dan yang mana yang belum, meng-upgrade point-pointnya, menyempurnakan strategi yang yang lebih efektif dan hal lainnya untuk memastikan segala sesuatunya optimal.

3.

Tempat Penyelenggaraan

CITRA ALAM REVIRSIDE - BOGOR

JL. Jogjogan No.99, Ds. Jogjogan, Cilember, Cisarua Bogor

CITRA ALAM
LAKESIDE - TANGERANG

Pulau Situ Gintung 3, Jl. Kerta Mukti No. 121 Cirendeu, Ciputat.

TM. WISATA EDUKASI JABAL RAHMAH - LOMBOK

Dusun Rungkan Barat, Desa Jango, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah.