Workshop My Lifebook

“Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan. Dan segala yang kecil maupun yang besar tertulis.” (QS. Al-Qamar [54]:52-53)

01

Di alam akhirat sana setiap manusia akan menerima sebuah buku catatan tentang segala apa yang telah ia kerjakan. Karenanya rancanglah sebuah buku tentang segala hal yang baik yang akan kita kerjakan di alam dunia ini agar di alam sana kita dapat yakin akan menerima buku catatan amal yang terisi penuh dengan kebaikan yang telah kita lakukan. Itulah hakekat dari My Lifebook itu.

Inti dari menyusun My Lifebook ini adalah menetapkan visi hidup kita secara jelas dan memastikan waktu yang kita punya benar-benar terpakai secara optimal untuk hal-hal yang bermanfaat. Yang membawa kebaikan buat diri kita, keluarga dan masyarakat.

02

Menyusun dan memiliki My Lifebook ini adalah implementasi dari menetapkan self concept kita untuk 12 katagori (kodrat) di atas. Hal ini kita awali dengan merekonstruksi self ideal kita saat ini, memeriksa keadaan dari 12 katagori tersebut dan kemudian menetapkan kondisi ideal yang hendak kita capai.

03

04

Self ideal yang kita tetapkan pada 12 katagori tersebut harus diikuti pula dengan strategi kita untuk mewujudkannya. Nah pada bagian inilah secara otomatis kita akan mengembangkan habits kita. Menetapkan kebiasaan-kebiasaan baru efektif yang menjadi jalan pembangunan karakter kita

Melaksanakan apa-apa yang telah kita program di dalam My Lifebook inilah yang kita sebut sebagai proses character building itu. Yang kunci keberhasilannya adalah terletak pada komitmen dan konsistensi kita.

05

Berfokuslah kepada proses dan jangan berfokus kepada hasil. Jangan mengharapkan perubahan yang instan serta nikmati saja setiap proses yang ada. Sebab tidak ada biji yang seketika menjadi sebuah pohon besar. Biarkan saja segala sesuatunya berjalan natural dimana sedikit demi sedikit kebiasaan-kebiasaan baru yang efektif tumbuh membentuk karakter kita yang lebih baik.

06

My Lifebook (Contoh)

Kita harus terus melakukan evalusi tentang perkembangan pelaksanaan dari My Lifebook yang sudah kita buat. Memeriksa apa-apa yang sudah berjalan pada track dan yang mana yang belum, meng-upgrade point-pointnya, menyempurnakan strategi yang yang lebih efektif dan hal lainnya untuk memastikan segala sesuatunya optimal.

Olah Raga - Olah Pikir - Olah Rasa - Olah Jiwa

Pada prinsipnya mengolah raga, pikiran, perasaan dan jiwa berdiri di atas hukum yang sama. Dibutuhkan perawatan dan pelatihan yang terus menerus agar masing-masingnya dapat menjalankan fungsinya degan baik. Rawat dan latih itulah prinsip utamanya.

 

Merawat itu pada intinya adalah memberikan asupan yang baik dan mengeluarkan yang kotor. Raga dirawat dengan memberi usupan makanan yang sehat dan membuang segala yang kotor darinya. Pikiran dirawat dengan memberi asupan informasi yang berkualitas dan membuang segala yang keliru darinya. Perasaan dirawat dengan memberi asupan rasa yang positif dan membuang segala yang negatif darinya. Jiwa dirawat dengan memberi asupan yang ilahiyah dan membuang yang berhalaiyah.

 

Melatih itu pada intinya adalah membiasakannya atas suatu urusan yang membuatnya terbiasa dan siap menjalankan fungsinya dengan maksimal. Raga dilatih dengan memberi beban untuk ia tangani. Pikiran dilatih dengan memecahkan suatu persoalan. Perasaan dilatih dengan mengatasi tekanan yang negatif. Jiwa dilatih dengan mengendalikan godaan yang memalingkannya dari Tuhan.

 

Dan seberapa sehat dan kuat raga kita, seberapa cerdas dan kreatif pikiran kita, seberapa lembut dan tangguh perasaan kita dan seberapa lurus dan bersih jiwa kita sangat tergantung dari sebarapa baik kita mengolahnya.

01

02

03

04

Tempat Penyelenggaraan

CITRA ALAM REVIRSIDE - BOGOR

JL. Jogjogan No.99, Ds. Jogjogan, Cilember, Cisarua Bogor

CITRA ALAM
LAKESIDE - TANGERANG

Pulau Situ Gintung 3, Jl. Kerta Mukti No. 121 Cirendeu, Ciputat.

TM. WISATA EDUKASI JABAL RAHMAH - LOMBOK

Dusun Rungkan Barat, Desa Jango, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah.

Demi waktu. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orangorang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al Asr [103]:1-3)