Peletakan Batu Pertama Tugu Jabal Rahmah

Diperbarui: 19 Okt 2019

Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, pada 10 November 2018 langkah pertama pembangunan Wisata Edukasi Religi dan Kebangsaan Desa Jango pun dimulai. Peletakan batu pertama secara simbolik dilakukan pada pondasi Tugu Jabal Rahmah oleh Bapak Irwan Hasanuddin sebagai penggagas, Bapak Haji Najamudin selaku perwakilan tokoh masyarakat Jango serta utusan Bupati Lombok Tengah disaksikan oleh masyarakat Desa Jango.


Dipilihnya Tugu Jabal Rahmah sebagai bangunan pertama yang diselesaikan adalah lantaran Tugu Jabal Rahmah yang merupakan simbol dari tegaknya ajaran kasih sayang ini merupakan pokok inti dari simbolika-simbolika lainnya yang akan dibangun di areal Wisata Edukasi Religi dan Kebangsaan Desa Jango ini. Tugu Jabal Rahmah ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi kita bahwa kasih sayang adalah ruh atau esensi dari pada ajaran yang akan menghidupkan dan akan membawa peradaban umat manusia pada peradaban yang luhur.


Katakanlah, “Milik siapakah apa yang di langit dan di bumi?” Katakanlah, “Milik Allah.” Dia telah menetapkan kasih sayang pada diri-Nya. Dia sungguh akan mengumpulkan kamu pada hari Kiamat yang tidak diragukan lagi. Orang-orang yang merugikan dirinya, mereka itu tidak beriman. (QS. Al-An'am [6] Ayat 12)


Allah sendiri menyatakan telah menetapkan kasih sayang pada diri-Nya. Kasih sayang inilah kekuatan penghimpun itu. Kasih sayang inilah esensi dari pada ajaran Allah itu. Kasih sayang ini pula-lah pondasi bagi tegaknya peradaban luhur umat manusia. Manusia tidak boleh dan tidak bisa lari dari pada ini. Manusia tidak punya pilihan selain dari pada menjadikan kasih sayang sebagai dasar pembentuk peradabannya. Menjauhkan diri atau bahkan mengingkari ini tidak lain hanyalah tindakan yang akan merugikan dan menghancurkan diri manusia sendiri.


Dilandasi pada semangat membumikan ajaran kasih sayang inilah Tugu Jabal Rahman dibangun di kawasan Wisata Edukasi Religi dan Kebangsaan Desa Jango ini. Besar harapan dari tempat ini denyut-denyut kasih sayang terus dihidupkan, diajarkan dan diimplementasikan oleh masyarakat Desa Jango yang dengan itu dengan sendirinya keteraturan, kerukunan dan kesejateraan masyarakat akan tumbuh sebagai berkah dan rahmat atas pengagungan pada ajaran kasih sayang-Nya.


Tugu Jabal Rahmah ini sendiri berada pada areal 1 kawasan Wisata Edukasi Religi dan Kebangsaan Desa Jango. Areal 1 dengan luasan sekitar 4 hektar ini masuk ke dalam program pembangunan tahap pertama dari 6 tahapan pogram pembangunan kawasan Wisata Edukasi Religi dan Kebangsaan Desa Jango yang luasan keseluruhannya sekitar 28 hektar. Pada areal 1 yang dicanangkan pembangunannya akan rampung pada semester pertama tahun 2019 ini akan menjadi areal dimana kegiatan-kegiatan dasar seperti pendidikan dan pelatihan karakter, kepemimpinan dan keterampilan yang kesemuanya berbasis religi dan kebangsaan diselenggarakan.

© 2019 Rumah Kebangsaan Pancasila