Citra Alam adalah wahana utama yang digunakan Rumah Kebangsaan Pancasila untuk menjalankan program-program Nation Character Building. Whorkshop kebangsaan, tour kebangsaan, kemping kebangsaan, pelatihan dasar kepemimpinan, pelatihan seni dan budaya serta pelatihan agro dan tadabur alam adalah beberapa contoh kegiatan yang RKP jalankan di Citra Alam. Citra Alam dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung terlenggaranya kegiatan-kegiatan tersebut di atas dengan baik. 3 aula besar, 2 lapangan utama, areal camping, miniatur-miniatur kebangsaan, fasilitas outbound, penginapan, 4 unit kantin dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Saat ini Citra Alam memiliki tiga cabang: Citra Alam Riverside di Cisarua Bogor, Citra Alam Lakeside di Situ Gintung, Tangerang dan Citra Alam Seaside di Anyer, Banten.

CITRA ALAM

LPK YBHS dibentuk dan didirikan oleh Yayasan Bangun Hidup Sejahtera pada tahun 2016. Dan dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan, LPK YBHS disupport penuh oleh Rumah Kebangsaan Pancasila; sebuah organisasi sosial kemasyarakatan yang konsern pada bagaimana memajukan perikehidupan bangsa dan negara. LPK YBHS saat ini memfokuskan diri pada bagaimana membangun karakter dan martabat generasi muda bangsa melalui sebuah pola pendidikan lanjutan yang efektif. Dipilihnya Program Magang ke Jepang sebagai satu media untuk membentuk karakter generasimuda bangsa, karena setelah melalui analisis yang mendalam terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan daya ungkit yang efektif untuk mengangkat kualitas karakter, profesionalisme kerja dan juga kesejahteraan bagi para peserta.

LPK YBHS

-----------------

Rumah Belajar Citra adalah unit kerja binaan Rumah Kebangsaan Pancasila yang memfokuskan diri pada pemberdayaan anak-anak muda untuk menjadi generasi bangsa yang berkarakter, kreatif dan produktif. Di RBC setiap anak muda yang mempunyai minat untuk mengembangkan diri boleh ikut serta dan bergabung dalam naungan Rumah Belajar Citra. RBC bukan saja menjalankan pendidikan dan pelatihan kepada generasi muda, lebih dari pada itu juga memberdayakannya dalam kegiatan-kegiatan positif seperti menjadi trainer outbound, menjadi marketing, menjadi pemateri dalam workshop-workshop dan kegiatan sosial kemasyarakatan yang diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan diri, berkarya dan menambah wawasan mereka. Melalui program tersebut di atas diharapkan juga RBC dapat ikut serta berkontribusi mengurangi kenakalan-kenakalan remaja yang umum terjadi.

RBC

HSTB atau Home School Tunas Bangsa adalah sekolah formal yang berorientasi pada model pendidikan abad 21. Sekolah yang dikembangkan dan disupervisi oleh Rumah Kebangsaan Pancasila ini mengambil tema "Belajar Aktif Mandiri".  Sistem belajar mengajar di HSTB merupakan bentuk-bentuk implementasi dari pada kurikulum 2013 dimana kegiatan pendidikan yang dijalankan berpusat pada mengembangkan bakat dan minat peserta didik dan tidak bersifat satu arah dimana peserta didik hanya menjadi objek ajar. Sampai dengan hari ini HSTB telah banyak menghasilkan siswa-siswi berprestasi dalam berbagai bidang yang telah banyak menjuarai berbagai lomba dan even. Dan HSTB juga sering kali mendapat kunjungan dari berbagai lembaga pendidikan yang terkesan dengann model belajar mengajar yang dijalankan.

HSTB

-----------------

Rumah Pengolahan Sampah Citra adalah implementasi dari program sosial kemasyarakatan yang difokuskan pada mewujudkan masyarakat yang cinta alam dan lingkungan serta untuk mewujudkan satu lingkungan masyarakat yang bersih dan tertib sampah. Sampah yang saat ini masih menjadi satu problem besar bangsa haruslah dapat diselesaikan secara bersama-sama. Dan sebagai bentuk kepedulian RKP, kami membangun satu unit pengolahan sampah secara swadaya di Desa Jogjogan yang diharapkan dapat menjadi penggerak kesadaran masyarakat dan desa akan pentingnya pengelolaan sampah secara benar. Sampah, jika terkelola dengan baik dan benar bukan saja akan meciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, lebih jauh dari itu ia juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan desa. 

RPSC

-----------------

Himpunan Pemuda Pemudia Mebangun Indonesia atau HPMI adalah perhimpunan pemuda-pemudi lulusanan LPK-YBHS yang telah menyelesaikan program studi, kerja atau magang kerja di Jepang. HP2MI ini dikelola secara mendiri oleh para lulusan LPK-YBHS tersebut dengan support dan supervisi dari Rumah Kebangsaan Pancasila. HP2MI berfokus pada memberdayakan para lulusan agar ilmu, wawasan, pengalaman dan skill yang didapatnya dari Jepang agar membawa manfaat yang maksimal bagi bangsa dan negara. Setiap lulusan memang tidak diharuskan untuk bergabung dalam HP2MI ini. Semua adalah pilihan bebas dari masing-masing individu yang bersangkutan. 

HP2MI