Program RKP

Beranda Program RKP

 

PROGRAM KEGIATAN RUMAH KEBANGSAAN PANCASILA

 

Rumah Kebangsaan Pancasila berkomitmen mendedikasikan diri kepada tercapainya cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Program-program kegiatan RKP sepenuhnya diarahkan kepada upaya Nation Building yang berorientasi pada Natioan Character Building serta sepenuhnya diniatkan sebagai bakti dan persembahan RKP kepada bangsa dan negara.

 

1. Workshop Kebangsaan (Sosoalisasi Nasionalisme Indonesia)

Program Sosialisasi Nasionalisme Indonesia adalah bagian dari program "Nation Character Building" yang diselenggarakan oleh Rumah Kebangsaan Pancasila yang berkolaborasi dengan Citra Alam. Program ini bertujuan untuk menjadi bagian dari upaya menumbuh-kembangkan rasa kebangsaan dan pengenalan akan jati diri bangsa kepada masyarakat Indonesia luas. Program ini menjadi penting lantaran dikenal dan dijiwainya ajaran kebangsaan Indonesia oleh masyarakat Indonesia secara luas merupakan syarat pokok dari upaya mewujudkan tercapainya cita-cita kemerdekaan Indonesia. Saat ini telah lebih dari 20.000 peserta yang pernah mengikuti acara Workshop Kebangsaan atau Sosialisasi Nasionalisme Indonesia ini.

 

 

 

 

 

2. Tour Kebangsaan (Sosialisasi Nasionalisme Indonesia)

Tour Kebangsaan adalah metode Sosialisasi Nasionalisme Indonesia yang secara konten mempunyai kemiripan dengan Workshop Kebangsaan. Hanya saja Tour Kebangsaan ini dikemas secara outdoor dan memiliki durasi yang lebih pendek dibandingkan dengan Workshop Kebangsaan. Tour Kebangsaan ini dilaksanakan di areal Rumah Kebangsaan Pancasila dimana di areal tersebut terdapat berbagai miniatur kebangsaan yang dipkai untuk menjadi media memperkenalkan paham kebangsaan Indonesia. Dalam pelaksanaan yang berlangsung kurang lebih 40 menit ini, para peserta secara komprehensif akan diajak untuk memahami sejarah inti kejadian bangsa dan negara Indonesia. Mulai dari memahami bagaimana bangsa Indonesia ini terbentuk dan segala hal yang mendasarinya, bagaimana bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan dan prinsip-prinsip yang dibawanya, bagaimana negara Indonesia ini disusun dan hal-hal pokok yang menjadi dasar penyusunanannya serta bagaimana bentuk keperibadaian bangsa atau nasionalisme Indonesia yang harusnya kita jalankan sesuai dengan takdir kejadian bangsa dan negara Indonesia tersebut.

 

 

3. Lomba Pidato Meniru Gaya Bung Karno

Program Lomba Pidato Meniru Gaya Bung Karno adalah program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Rumah Kebangsaan Pancasila dengan tujuan mengangkat kembali nama dan ajaran-ajaran Bung Karno sebagi seorang Pendiri Bangsa dan Pemimpin Besar Revolusi Indonesia. Mendorong khususnya generasi muda serta masyarakat luas pada umumnya untuk mengenal ajaran-ajaran Bung Karno tentu sangatlah penting artinya bagi perikehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Kembali hadirnya ajaran-ajaran Bung Karno sebagai rujukan bangsa Indonesia dalam memahami ajaran kebangsaannya adalah satu prasyarat agar gerak langkah bangsa ini benar-benar berada di atas track yang sebenar-benarnya dari pada Revolusi Indonesia.

 

 

 

 

 

 

3. Merajut Persatuan Antar Umat Beragama

Merajut Persatuan Antar Umat Beragama adalah satu program yang dijalankan Rumah Kebangsaan Pancasila dengan tujuan untuk mengeratkan rasa persatuan dan persaudaraan antar umat beragama. Program ini diselenggarakan melalui jamuan makan bersama lintas agama yang diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencairkan kekakuan pandangan antar umat beragama di Indonesia ini. Sebagai sesuatu yang sakral sering kali agama memang sering kali menghadirkan halangan-halangan dalam terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam ragam perbedaan agama yang kita miliki. Adanya nilai-nilai yang sama dan satu pesan yang serupa dalam setiap agama yang mendiami negeri ini serta keberadaan Pancasila sebagai bahasa hidup bersama yang mempunyai daya besar untuk mempersatukan segala bentuk perbedaan menjadi dasar bagai RKP untuk menjalankan Program Merajut Persatuan Antar Umat Beragama ini.

 

 

 

 

 

4. Mengangkat Kualitas Generasi Muda Melalui Program Magang Kerja Di Jepang

Mengangkat Kualitas Generasi Muda Melalui Program Magang Kerja di Jepang adalah program yang dirintis RKP sejak tahun 2016. Program yang RKP jalani dengan berkolaborasi bersama LPK-YBHS ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemandirian anak-anak bangsa. Program ini dirancang untuk menjadi sebuah model pendidikan baru yang memiliki efektifitas yang tinggi dan mempunyai impact yang berlapis. Efektifitas yang tinggi dari model pendidikan ini lantaran melalui program ini setiap peserta akan secara langsung berlajar dari realitas kehidupan. Dan dipilihnya Jepang sebagai negeri tujuan dimana peserta dikirim untuk bekerja di sana selama minimal satu tahun dan maksimal 5 tahun lamanya, lantaran Jepang mempunyai budaya dan etos kerja yang tinggi, memiliki budaya sosial masyarakat yang dewasa dan memiliki terapan teknologi yang baik dalam berbagai bidang. Setiap peserta yang mengikuti program ini diharapkan dapat terupgrade kualitas diri dan kesejahteraan hidupnya.

 

 

 

 

5. Pendampingan UMKM

Pendampingan UMKM adalah program yang sudah dilakukan RKP sejak tahun 2014. Dalam program ini RKP melakukan mentoring dan pendampingan pelaksanaan kepada pelaku UMKM mulai dari membuat perencanaan pembukaan usaha, persiapan-persiapan, pengurusan legalitas, pemasaran sampai dengan pengelolaan dan penataan usaha. Sampai dengan 2018 belas ini RKP telah berhasil membantu dan mendampingi belasan unit usaha UMKM dalam menjalankan usahanya dan memastikannya usahanya terus tumbuh dan berkembang.

 

 

 

 

 

 

5. Membangun Kemandirian Desa

Membangun Kemandirian Desa adalah program yang dijalankan Rumah Kebangsaan Pancasila dengan bersinergi bersama para pengurus, tokoh dan masyarakat desa setempat untuk bergotong royong bersama memajukan desanya. Dalam program ini RKP lebih mengambil peran sebagai pihak yang membantu pengurus dan masyarakat desa untuk membangun memajukan desanya. RKP membantu mengalisa dan menemukan potensi-potensi yang dimiliki desa, kemudian merumuskan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh desa untuk mengoptimalkan potensi tersebut dan secara khusus memberdayakan dan menggerakan pemuda pemudi desa untuk ambil bagian memajukan desanya.

 

 

 

 

 

 

6. Gerakan Sosial Dan Kemasyarakatan

Gerakan Sosial dan Kemasyarakatan adalah program yang diimplementasikan oleh Rumah Kebangsaan Pancasila dengan memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar yang mengalami kesulitan hidup. RKP juga ambil bagian untuk turut serta dalam mengatasi permasalahan-permasalah mendasar yang ada di masyarakat. Menyantuni anak-anak yatim dan duafa, mengatasi kenakalan remaja dan penyalah-gunaan narkoba, mengatasi masalah penanggulangan sampah dan hal-hal lainnya yang umum terdapat di lingkuangan masyarakat. Dalam menjalankan program ini RKP bekerjasama dengan pemerintah dan mitra-mitra terkait sesuai dengan bidang dan kompetensinya. ...Selengkapnya>>