Blog

Beranda Blog

Program Merajut Persatuan Antar Agama

Добавил: edy 04 January 2018 в 1:50 AM в категорию «Program Kegiatan RKP»

Program Merajut Persatuan Antar Umat Beragama adalah satu program yang dijalankan Rumah Kebangsaan Pancasila dengan tujuan untuk mengeratkan dan mencairkan kekakuan pandangan antar umat beragama di Indonesia ini. Sebagai sesuatu yang sakral sering kali agama memang sering kali menghadirkan halangan-halangan dalam terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam ragam perbedaan agama yang kita miliki. Adanya nilai-nilai yang sama dan satu pesan yang serupa dalam setiap agama yang mendiami negeri ini serta keberadaan Pancasila sebagai bahasa hidup bersama yang mempunyai daya besar untuk mempersatukan segala bentuk perbedaan menjadi dasar bagai RKP untuk menjalankan Program Merajut Persatuan Antar Umat Beragama ini. Dan salah satu bentuk penyelenggaraan dari pada program ini adalah acara Jamuan Makan Kebangsaan - Lintas Agama yang akan secara rutin akan diadakan oleh RKP. 

Setiap agama membawa nilai-nilai luhur tersendiri yang dapat menjadi sumbangan berharga buat kehidupan berbangsa dan bernegara. Perbedaan agama tentu tidak boleh menjadi sumber perselisihan dan perpecahan malahan justru semestinya ini menjadi asset yang jika dikelola dengan baik dapat memperkaya hikmah kebijaksanaan bangsa ini dan memungkinkan bangsa ini membangun sebuah peradaban luhur darinya. Tantangan kita sebagai bangsa yang mewarisi begitu banyak perbedaan adalah bagaimana kita menterjemahkan segala keragaman nilai dan budaya tersebut agar dapat menjadi bahasa hidup bersama yang membuat kita hidupa dalam keutuhan kita sebagai sebuah bangsa.

Tentu kita tidak boleh lupa bahwa sejak mula-mula terbentuknya bangsa ini, alasan pokok yang mendasarinya adalah karena kita ingin hidup sebagai satu kesatuan bangsa yang bersaudara. Dan semangat yang melandasi perjuangan kita sejak dulu pun adalah semangat mewujudkan persatuan yang bulat mutlak yang tidak mengecualikan satu golongan pun. Atas dasar itu pulalah ketika kita merdeka kita mendirikan negara kita ini di atas dasar kebangsaan. Yang dengan itu artinya adalah bahwa kesatuan dan keutuhan kita sebagai sebuah bangsa adalah kunci bagi kita untuk membangun sebuah negara yang kuat. Maka perjuangan kita untuk mewujudkan kesatuan bangsa menjadi perjuangan pokok yang harus terus menerus kita lakukan.

 




Total comments: 0
avatar