Blog

Beranda Blog

Program Generasi Mandiri - Pemberangkatan Tenaga Kerja ke Jepang

Добавил: edy 04 January 2018 в 1:47 AM в категорию «Program Kegiatan RKP»

Program Kerja di Jepang adalah program yang dirintis RKP sejak tahun 2016. Program yang RKP jalani bersama dengan LPK-YBHS ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemandirian anak-anak bangsa. Program ini dirancang untuk menjadi sebuah model pendidikan baru yang memiliki efektifitas yang tinggi dan mempunyai impact yang berlapis.

Efektifitas yang tinggi dari model pendidikan ini lantaran dengannya setiap peserta akan secara langsung berlajar dari realitas kehidupan. Dan dipilihnya Jepang sebagai negeri tujuan dimana peserta dikirim untuk bekerja di sana selama minimal satu tahun dan maksimal 5 tahun lamanya, lantaran Jepang mempunyai budaya kerja dan budaya sosial masyarakat yang mapan dan layak untuk dijadikan model di negeri kita. Selain dari pada itu, Jepang juga memiliki terapan teknologi yang dalam berbagai bidang. Dengannya setiap peserta yang berangkatkan diharapkan dapat menyerap budaya positif, pengetahuan dan juga teknologi di Jepang kemudian membawanya ke tanah air dan memanfaatkan pengetahuan dan skill yang didapatnya itu untuk kemaslahatan bangsa dan negara.

Impact yang berlapis dari program ini lantaran program ini bukan saja membawa dampak positif yang nyata bagi pribadi peserta, melainkan juga akan membawa dampak positif bagi keluarga yang bersangkutan, masyarakat luas serta bangsa dan negara. Secara pribadi selain dari program ini tentunya akan mengangkat kesejahteraan bagi peserta karena setiap peserta sedikitnya akan mendapatkan upah kerja 14 juta rupiah setiap bulannya, di samping itu juga lingkungan kerja dan masyarakat yang telah terbentuk dengan baik di Jepang akan sangat membantu para peserta dalam membentuk mental dan karakter meraka. Jadi diharapkan para sepulangnya peserta dari Jepang nantinya mereka pulang bukan saja membawa uang dalam jumlah yang besar melainkan wawasan yang lebih luas, skill yang mumpuni dan juga mental dan karakter yang telah terbentuk dengan baik.

Dan yang juga penting dari program ini adalah bahwa sekembalinya para peserta dari Jepang, mereka tidak akan dilepaskan begitu saja. Mereka akan diberi fasilitas untuk memanfaatkan ilmu yang mereka telah dapat agar bermanfaat buat bangsa dan negara. Setiap peserta mendapat kesempatan untuk bergabung dalam himpunan pekerja dan pengusaha yang anggotanya adalah orang-orang yang telah mengikuti program ini, dimana di dalam himpunan tersebut peserta akan mendapatkan bimbingan dan pendampingan untuk mengembangkan dan memanfaatkan ilmu dan keahlian yang telah miliki. Mereka dapat membangun usaha mereka sendiri bersama dengan anggota-anggota yang lain atau di tempatkan untuk menjadi pekerja di bidang-bidang yang sesuai dengan ilmu dan keahlian yang mereka miliki. 

Untuk memastikan keberhasilan mereka dalam mengikuti program ini, para peserta akan dibekali dengan berbagai persiapan selama masa pendidikan di LPK. Para peserta akan dibekali dengan mindset dan skillset yang akan menjadi kunci dari keberhasilan mereka di program ini. Para peserta akan mendapat pendidikan agama, nasionalisme, attitude, bahasa dan budaya Jepang serta skill yang disesuaikan dengan bidang pekerjaan mereka nantinya. Selain itu memastikan setiap peserta mempunyai niat yang tepat dalam mengikuti program ini juga akan menjadi salah satu bagian penting dalam pendidikan mereka. Dimana setiap peserta haruslah menyadari sepenuhnya bahwa yang paling utama dan paling berharga dari mengikuti program ini adalah menjadikanya sebagai sarana untuk mengembangkan potensi dan karakter diri. Uang meskipun tentunya juga hal yang penting, namun itu bukanlah bagaian paling penting dari program ini. Sebab jika sekembalinya mereka ke tanah air hanya membawa uang yang banyak saja tanpa disertai dengan potensi dan karakter diri yang telah terbangun, uang yang mereka bawa tersebut nantinya akan habis begitu saja tanpa membawa dampak yang berkelanjutan bagi harkat dan martabat hidup mereka. Potensi dan karakter yang terbangun dengan baik inilah yang harus mereka pandang sebagai kekayaan yang besar yang akan mengangkat harkat dan martabat hidup mereka untuk selama-lamanya.




Total comments: 0
avatar